Sabtu, 19 Desember 2020

GARUDA PANCASILA SEBAGAI SUMBER KEKUATAN



Tanah Nusantara memiliki penjaga 17 Garuda Sakti. Garuda-garuda ini adalah keberadaan ilahiah, penghuni dimensi luhur yang merepresentasikan kualitas kebebasan, kemerdekaan, keperwiraan dan keperkasaan. 17 Garuda Sakti inilah yang dijumpai Bunga Karno di dalam keheningan, yang kemudian menginspirasi proklamasi kemerdekaan RI pada 17-8-1945.
 

Garuda juga adalah kendaraan Sang Hyang Wisnu: Garuda Wisnu Kencana.  Ia adalah kendaraan yang menghantarkan Jiwa Agung ke Shangrilla,.  Ia adalah lambang NKRI yang menginspirasi setiap anak bangsa untuk punya jiwa perwira dan semangat pengorbanan untuk menghantarkan tanah dan air ini kepada tatanan Surgawi nya.  
Pancasila sebagai dasar negara, ideologi bangsa sekaligus jalan spiritual, sudah waktunya dihayati dengan kesungguhan.  Sebagai Api yang Menyala di dalam sanubari.  Sebagai sumber kekuatan yang membuat putra putri Indonesia hidup dalam kesucian atau kemurnian pikiran, kata dan perbuatan.
 

Api Pancasila menyala di dalam sanubari saat kita terhubung sepenuhnya dengan Diri Sejati/Atman/Roh Kudus - yaitu Tuhan yang mempribadi di dalam diri, sebagai penuntun agung, sumber kasih yang paling murni.

Garuda bukan burung biasa. sosok burung mitologis sakti maka sering di sebut Garua sakti. Di gambarkan bertubuh emas, berwajah putih, bersayap merah, memiliki Mahkota di kepala. Paruh dan sayap nya mirip elang, tetapi tubuh nya seperti manusia. Ukuran  nya besar sehingga dapat menghalangi matahari. Sering di gambarkan sebagai kendaraan Dewa Wisnu.
Garuda terkait dengan lambang Negara RI. Mengenakan pancasila sebagai tameng, menggenggam banner bertuliskan Bhineka Tunggal Ika.
 

Hening Cipta & Ngaji Pancasila
Pusaka Indonesia Gemah Ripah
Jogjakarta, 15-12-2020

 

 Artikel Lain :

GEMAH RIPAH LOH JINAWI TATA TENTREM KERTA RAHARJA
- New !!

PUSAKA INDONESIA GEMAHRIPAH
- New !!

KIPRAH GEMAH RIPAH
- New !!

JALAN MENUJU DIMENSI PENCERAHAN
- New !!

BINTANG SEGI LIMA: JALAN MENJADI MANUSIA ILAHI
- New !!

Hari Sumpah Kedaulatan Bangsa
- New !!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Comments

Diberdayakan oleh Blogger.