Jumat, 09 Oktober 2020

SPIRITUALITAS, KOLABORASI DAN PERUBAHAN BANGSA

 


Spiritualitas adalah tentang menyelami, mengenali, dan merealisasikan kualitas esensi setiap diri. Ini tentang menumbuhkan benih keilahian: melalui spiritualitas setiap orang bertumbuh menjadi Manusia Ilahi/Kristus/Adhi Budha/Avatar. Fondasi dari pencapaian tahapan ini adalah pemurnian jiwa, yang dilanjutkan dengan ketertuntunan dan loyalitas penuh kepada Gusti/Tuhan Yang Maha Esa.

Mereka yang berhasil dalam proses ini, terselaraskan jiwa raganya, menjadi non egoistik, sadar bahwa setiap orang punya rancangan agung masing-masing dan karena itu tak perlu berkompetisi. Sebaliknya, seiring dengan bertumbuhnya kesadaran, niscaya setiap pejalan spiritual kian tergerak untuk bekerja bersama, kolaborasi, guyub rukun.

Pada tataran praktis, ada satu hukum yang membingkai proses kolaborasi ini: ia hanya terjadi secara paripurna pada mereka yang selaras vibrasinya. Maka, kita memang tak bisa berkolaborasi dengan semua orang. Tapi kita harus berkolaborasi dengan semua yang selatas, yang masing2nya bisa hidup dalam kerendahan hati, memberi ruang bagi peran orang lain yang punya talenta dan kontribusi berbeda dibanding kita.

Saat ini, Nusantara membutuhkan kiprah dan kolaborasi nyata dari jiwa-jiwa yang tekun menyelami keheningan. Masalah besar bangsa ini tak bisa dibereskan satu dua orang sehebat apapun. Hanya kolaborasi, GOTONG ROYONG, yang jadi kunci untuk mengubah nasib bangsa ini menjadi bangsa pemenang, menjadi negeri yang gemah ripah.

#VivaRepublikIndonesia
#indonesiagemahripah
#mahadayasuwung
#selamatkangenerasibangsamu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Comments

Diberdayakan oleh Blogger.